Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis Masker Yang Cocok Untuk Mencegah Virus Corona

Hai Bray,

Beberapa hari setelah pernyataan resmi dari Bapak Presiden Indonesia, Ir. H. Joko Widodo mengenai 2 orang warga negara Indonesia yang positif Corona, Peningkatan penderita positif Corona telah meningkat secara signifikan, bahkan hingga hari ini (18 Maret 2020) adalah sebesar 172 orang dikutip dari Kompas TV. Sebenarnya, apa yang menyebabkan peningkatan penderita ? Salah satu yang menjadi alasan utamanya adalah dikarenakan sifat ignorance dari rakyat Indonesia itu sendiri. Bahkan, hingga saat ini, masih banyak orang yang skeptikal untuk tidak menggunakan masker. Padahal masker adalah salah satu cara untuk mencegah penyebaran virus corona selain dari mengurangi menyentuh wajah. Lalu muncul suatu pertanyaan, sebenarnya tipe masker apakah yang cocok untuk mencegah penyebaran virus Corona ? 

1. Masker Bedah 

Masker Bedah

Masker bedah merupakan masker yang dapat dengan mudah ditemukan di beberapa toko swalayan seperti Giant, Alfamart, Indomaret ataupun di apotek terdekat. Pada dasarnya, masker bedah adalah masker yang digunakan oleh tenaga medis untuk meminimalisir penyebaran segala macam virus. 
Masker bedah sendiri adalah masker yang tersusun atas 3 lapisan. Lapisan terdalam merupakan lapisan yang dapat menangkal keluarnya cairan (bersin, batuk) dari penderita. Lapisan tengah merupakan filter sedangkan lapisan terluar merupakan water resistant dimana berfungsi sebagai penangkal virus dari luar agar tidak masuk kedalam tubuh pengguna masker. 

2. Masker N95

Masker N95

Masker N95 merupakan masker yang diperkirakan mampu memfilter hampir 95% partikel baik yang berukuran besar maupun yang berukuran kecil. Biasanya jenis masker ini digunakan oleh orang yang bekerja di tempat yang memiliki tingkat racun tinggi seperti pabrik kimia ataupun tempat yang tingkat asapnya tinggi. 

3. Masker N99 atau N100

Masker N100
Masker ini adalah masker terbaik untuk mencegah penyebaran pandemic Corona. Masker N99 dan N100 diperkirakan mampu menyaring udara hingga 99% untuk N99 dan 100% untuk N100. Akan tetapi walaupun memiliki kemampuan penyaringan yang lebih baik dibanding kedua masker sebelumnya, masker tipe ini memiliki kekurangan dalam segi ergonomisnya. Bentuknya yang kaku dan tidak dapat menyesuaikan bentuk wajah membuat masker ini kurang nyaman dipakai. 

Akan tetapi, sebelum memutuskan untuk membeli masker. Kita perlu tahu bahwa dasarnya virus Corona dapat dicegah dengan menggunakan masker bedah biasa sekalipun. Kemenkes menyatakan bahwa kita cukup menggunakan masker biasa dengan catatan kita harus menggunakannya dengan baik dan benar. Selain itu juga, dianjurkan bagi kita untuk mengurangi penyentuhan pada wajah terlebih lagi apabila kita telah menyentuh barang barang atau fasilitas umum. Penyentuhan pada wajah meningkatkan kemungkinan kita untuk terpapar virus corona karena virus corona dapat masuk kedalam tubuh melalui mata, hidung ataupun mulut. 

Stay Safe and Stay Healthy, jangan biarkan sifat ignorance kitalah yang akhirnya membahayakan diri kita maupun orang yang kita sayang ! 

2 komentar untuk "Jenis Masker Yang Cocok Untuk Mencegah Virus Corona"

  1. Hai Wikimil, temanya sangat bagus. Sebagai saran, lebih baik di tuliskan lebih rinci. Seperti, darimana kita bisa mendapatkan masker2 tersebut? Mengapa masker justru sangat sulit di dapatkan di saat benar2 di butuhkan? Apakah kelangkaan masker juga sama terjadi di negara yg terkena covid-19? Senang membaca blog-mu. Semangat !

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih atas saran dan masukannya. Ditunggu di next artikelnya ya !

      Hapus