Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hal Yang Bakal Dikangenin Ketika Ramadhan

Hai Bray,

Karena pandemik CoVID-19 menyebabkan beberapa hal yang biasa kita lakukan menjadi terbatas, seperti hang out bersama teman teman, melakukan perjalanan ke dalam dan luar negeri ataupun kota, bekerja pun diwajibkan dilakukan dirumah. Kebijakan kebijakan yang sudah dikeluarkan ini bukan tidak mungkin akan tetap diterapkan hingga setelah lebaran nanti. Bahkan pemerintah sudah mengeluarkan kebijakan bahwa libur lebaran pun diundur hingga akhir tahun.
Dengan keputusan demikian, beberapa hal yang biasanya dilakukan dibulan Ramadhan pun menjadi terbatas. Apa sajakah itu ?

Ngabuburit 


Ngabuburit biasanya kita lakukan menjelang berbuka puasa. Ngabuburit sendiri adalah aktifitas yang sangat ditunggu ketika Ramadhan tiba. Ngabuburit identik dengan jalan jalan sembari mencari cemilan untuk berbuka puasa. Selain itu pula, terkadang di beberapa titik tertentu, terdapat atraksi ataupun tempat bermain yang dapat kita nikmati sambil menunggu waktu berbuka. Dengan adanya pandemik ini, maka aktifitas ini akan terasa berbeda dan bahkan mungkin tidak akan seramai ramadhan tahun lalu. Wah bakalan kangen nih !

Sholat Tarawih


Bulan Ramadhan identik dengan sholat tarawih yang dilakukan setelah berbuka puasa. Disekitar masjid pasti banyak pedagang yang menjual berbagai macam makanan untuk anak anak. Selain itu, anak anak pun banyak yang bermain disekitaran masjid selama sholat tarawih berjalan. Beberapa permainan yang dulu sering admin mainkan adalah perang sarung, petak umpet bahkan gobak sodor. Dengan begini, kita juga harus merelakan momen ini terlewat. Sedih ya rasanya !

Sholat Idul Fitri 

Momen yang dinantikan selama bulan puasa adalah Sholat Idul Fitri. Sholat Idul Fitri menjadi momen dimana semua orang dilingkungan masjid ataupun rumah kita saling meminta maaf dan memaafkan. Jujur saja, pasti momen ini ditunggu oleh kita karena kita dapat melihat orang orang yang sebelumnya pernah kita lihat. Siapa tahu bisa dapat jodoh, ya kan ? Hahahaha 

Berbagi Amplop 


Nah momen yang terakhir yang mungkin tidak akan kita rasakan adalah berbagi amplop setelah sholat idul fitri. Di daerah admin, tradisi ini merupakan tradisi puncaknya. Kenapa ? karena berbagi amplop membuat hubungan kedua orang tua dan anaknya semakin erat, keluarga satu dengan keluarga lain semakin dekat, antar tetangga semakin rukun. Momen ini diawali dengan tertib, anak anak akan berbaris didepan orang tua ataupun saudara yang sudah memiliki pekerjaan dan menerima amplop. Biasanya, ketika setelah semuanya sudah dapat bagian masing masign, maka orang tua biasanya akan saling berebutan amplop yang tersisa. Momen inilah yang membuat suasana menjadi ramai dan hangat karena akan ada banyak canda tawa. 

Posting Komentar untuk "Hal Yang Bakal Dikangenin Ketika Ramadhan"