Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Siap Melamar Kerja ? Ini 7 Hal Yang Ga Boleh Ada di Social Media Kamu

Siap Melamar Kerja ? Ini 7 Hal Yang Ga Boleh Ada di Social Media Kamu !

Melamar Kerja ? Ini 7 Hal Yang Ga Boleh Ada di Social Media Kamu ! - Dalam melamar pekerjaan, tentu kita akan mencantumkan sedikit review tentang diri kita sendiri agar rekruiter dapat mengetahui background kita. Tahukah kamu bahwa ada beberapa rekruiter yang juga melakukan inspeksi pada Social Media-mu ?
Social Media yang sudah menjadi bagian dari diri kita sehari hari, entah untuk mencari info, lowongan, berjualan atau hanya untuk mencari konten hiburan, dapat menununjukkan background ataupun minat seseorang. Lalu, bagaimana rekruiter melakukan inspeksi Social Media ? 

Flag Pada Social Media

Sebelum kita masuk ke topik utama, kita akan membahas tentang Flag Pada Social Media pelamar. Apakah itu ? Flag pada social media diberikan oleh rekruiter kepada social media milik pelamar dengan tujuan untuk menunjukkan apakah pelamar tersebut lolos inspeksi atau tidak. Biasanya terdapat 2 warna, Flag dengan warna merah (Red Flag) dan Flag dengan warna hijau (Green Flag). Red Flag menunjukkan bahwa tidak lolos inspeksi, sedangkan Green Flag menunjukkan bahwa social media pelamar lolos inspeksi. Dampaknya ? Kita tidak akan lanjut mengikuti proses rekrutmen 

Siap Melamar Kerja ? Perhatikan 7 Hal ini !

Setelah mengetahui tentang Green Flag dan Red Flag, Sekarang kita akan membahas tentang hal hal apa saja yang ga boleh ada di Social Media milik kita. 

Bullying 

Hal pertama yang ga boleh ada di Social Media kita adalah bullying. Bullying menjadi salah satu faktor yang dapat mematikan karakter seseorang. Dengan begini, rekruiter ga akan segan segan untuk memberikan Red Flag pada orang yang ketahuan melakukan bullying baik kepada teman, public figure atau orang yang tidak dikenal sekalipun. 

Provokatif 

Hal kedua yang ga boleh ada di Social Media kita adalah tindakan provokatif. Tindakan provokatif disini berarti mendorong orang lain untuk melakukan hal hal negatif seperti memancing komentar buruk ataupun hasutan untuk melakukan tindakan tercemar. 

Aib Perusahaan

Hal selanjutnya adalah aib perusahaan. Rekruiter juga tidak akan segan segan untuk memberikan Red Flag pada pelamar yang melakukan tindakan ini di Social Media miliknya entah aib perusahaan sekarang, mantan perusahaan ataupun aib milik perusahaan kompetitor. Ini dapat menunjukkan bahwa bukan tidak mungkin pelamar akan melakukan hal yang serupa ke perusahaan rekruiter itu sendiri. 

 Aib Rekan Kerja 

Selain aib dari perusahaan, ternyata aib rekan kerja juga dapat menyebabkan pemberian Red Flag pada social media milik kita. Rekan kerja yang dimaksud disini adalah bos, rekan satu departemen ataupun bawahan kita. Lagi pula, hal ini sepertinya memang bukan hal yang layak untuk dijadikan konsumsi khalayak ramai dan menunjukkan se-tidak profesionalnya kita karena mencampuri urusan pribadi orang lain. Be Smart guys !

Lain-Lain

Selain 4 hal yang sudah dijelaskan diatas, 3 hal lain yang ga boleh ada di Social Media milik kita adalah Kata kata kasar yang berkaitan dengan politik, Foto atau video penggunaan obat obatan terlarang dan yang terakhir adalah foto, video atau konten yang berkaitan tentang 18+.

Nah, mulai sekarang lebih bijaklah dalam menggunakan Social Media, hampir semua informasi tentang diri kita dapat di akses hanya via Social Media. Apalagi bagi lulusan baru yang belum memiliki pengalaman kerja, sudah pasti rekruiter hanya menilai dari Social Media. Berbeda dengan yang sudah memiliki pengalaman kerja karena ada pertimbangan tersendiri. 
Segitu dulu artikel tentang Siap Melamar Kerja ? Ini 7 Hal Yang ga Boleh Ada di Social Media Kamu !, tetap pantau wikimil untuk artikel menarik lainnya. Goodluck :D

Source : 
ig : @ghilmanamri (Konsultan Rekrutmen) 

Posting Komentar untuk "Siap Melamar Kerja ? Ini 7 Hal Yang Ga Boleh Ada di Social Media Kamu "