Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Membuat CV Agar Diterima Kerja 2021

Tips Membuat CV Agar Diterima Kerja - Di masa pandemic ini, banyak perusahaan yang memutuskan hubungan kerja dengan karyawan. Lockdown yang membuat penurunan signifikan pada ekonomi membuat daya jual beli masyarakat semakin rendah. Akibatnya, perusahaan pun mengalami penurunan profit. Penurunan profit ini berakibat pada pemutusan kontrak dengan beberapa karyawan guna mempertahankan eksistensi perusahaan itu sendiri. 
Banyaknya pemutusan kontrak menyebabkan persaingan untuk mendapat pekerjaan semakin meningkat. Mulai dari Fresh Graduate, Staff yang berpengalaman, hingga level Manager pun berlomba lomba untuk dapat kembali bekerja sehingga diperlukan suatu yang unik agar dapat diterima bekerja pada perusahaan.
Pada dasarnya, dengan meningkatnya jumlah para pelamar membuat rekruiter lebih selektif. Akibatnya, mulai banyak perusahaan yang menggunakan sistem ATS untuk melakukan seleksi awal pada calon karyawannya. Apa itu ATS ? 

Pengertian ATS 

ATS adalah singkatan dari Applicant Tracking System yang berarti Sistem yang mentracking dan menyortir pelamar. ATS dapat menyortir CV yang diterima rekruiter berdasarkan pengalaman kerja, jurusan atau faktor lainnya. Singkatnya, ATS dapat memberikan kemudahan bagi para rekruiter untuk menyeleksi calon calon karyawan. Tahap ini merupakan tahap yang cukup krusial karena di tahap ini desain CV kamu akan menentukan apakah kamu dapat lanjut selanjutnya atau tidak. 

Tips Membuat CV

Setelah kita mengetahui tentang ATS itu sendiri. Lalu cara dan tips apa yang bisa kita lakukan agar CV kita lolos dan kita dapat diterima bekerja di perusahaan impian kita ? Artikel Tips Membuat CV Agar Diterima Kerja akan membantu kamu. 

Buat CV yang ATS-Friendly

Tips membuat CV yang pertama adalah pastikan CV yang kamu buat adalah CV yang ATS-Friendly. Ini adalah satu hal yang wajib di masa sekarang ini. Dengan membuat CV yang ATS-Friendly, kamu sudah membuat satu langkah agar dapat diterima kerja. 

Gunakan Font Yang Umum Digunakan

Tips membuat CV agar diterima kerja yang kedua adalah selalu gunakan font yang umum digunakan namun tetap profesional. Kurangi menggunakan font font aneh seperti Comic Sans. Font yang tidak umum memberi kesan tidak profesional sehingga membuat ATS kurang mengenali CV yang kita buat. Contoh contoh font yang baik digunakan untuk membuat CV adalah Arial, Times New Roman, Helvetica, TMR dan sebagainya.
Contoh Font


Jangan Menggunakan Desain yang berlebihan 

Tips Membuat CV agar diterima kerja selanjutnya adalah kurangi menggunakan desain yang berlebihan. Desain desain berlebihan adalah seperti banyaknya pernak pernik, shape dimana mana, garis dan kotak untuk membatas per paragraf atau ornamen ornamen lainnya. ATS sendiri lebih menyukai CV yang simpel, padat dan juga jelas isinya. 
Contoh Ornamen atau Desain Yang Berlebihan 
Contoh CV yang ATS-Friendly

Tekankan Pengalaman Kerja dan Pengalaman Organisasi 

ATS sendiri melakukan penyortiran berdasarkan keterkaitan kata kunci antara posisi yang dilamar dan pengalaman kerja yang ada di CV kita. Maka dari itu, Tips Membuat CV selanjutnya adalah tonjolkan pengalaman kerja yang kita milik. Selain pengalaman kerja, pengalaman organisasi juga memiliki peranan penting. Mengapa ? Pengalaman organisasi menunjukkan apakah kita memiliki keterampilan atau soft skill lain seperti kemampuan dalam memimpin tim, pengaturan (manajemen) waktu yang baik, public speaking dan sebagainya. 

Terakhir, Simpan CV kamu dalam format PDF

Begitulah Tips Membuat CV Agar Diterima Kerja dari wikimil. Satu hal yang perlu diingat, CV adalah langkah pertama kamu untuk dapat masuk ke perusahaan impian mu. CV adalah gambaran diri kamu dalam konteks profesional. Dengan CV, rekruiter dapat menilai seberapa valuable kamu bagi perusahaan mereka dan juga sebagai sarana untuk mengenal kamu lebih dalam lagi. Setelah melakukan semua Tips Membuat CV Agar Diterima Kerja, jangan lupa tetap meningkatkan skill yang kita miliki dengan mengambil sertifikat. Yang terakhir jangan lupa berdoa ! Semangat !

2 komentar untuk "Tips Membuat CV Agar Diterima Kerja 2021"

  1. Jadi tau sekarang gimana trik membuat CV yang bagus. Terima kasih infonya gan, bermanfaat banget 👍

    BalasHapus
  2. Makasi gan. Jadi ada inspirasi dan informasi tambahan lg ��

    BalasHapus