Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Skill Yang Perlu Dikuasai Ketika Akan Membuka Bisnis Bagi Pebisnis Pemula

Skill Wajib Pebisnis

5 Skill Yang Perlu Dikuasai Ketika Akan Membuka Bisnis Bagi Pebisnis Pemula - Skill pada manusia dibagi menjadi 2 yaitu soft skill dan hard skill. Soft skill lebih mengarah kepada kemampuan seseorang dalam berkomunikasi, bersosialisasi kecerdasan sosial dan lain lain.

Menurut The Balance Careers, soft skill adalah kemampuan komunikasi, karakter, kecerdasan sosial yang melekat serta kemampuan beradaptasi dengan baik didalam dunia kerja

Hard skill adalah kemampuan yang dibutuhkan untuk sebuah pekerjaan. Hal ini biasanya tertulis dalam persyaratan di sebuah lowongan kerja. Hard skill secara general adalah kemampuan spesifik dan jadi salah satu deskripsi pekerjaan anda kelak. 

Baca Juga : 4 Bisnis Online Yang Menghasilkan Banyak Uang 2021

Dalam membuka bisnis baru, kedua hal tersebut memiliki peran masing masing yang dapat saling menopang satu dengan lainnya. Berbisnis memang bukanlah hal yang mudah. Diperlukan banyak persiapan yang sangat matang

Persiapan ini dapat berupa persiapan secara mental, fisik maupun secara materiil. Apalagi jika anda tidak memiliki kemampuan dasar dalam berbisnis dan belum pernah melakukan bisnis sebelumnya. Banyak pebisnis yang sudah berkecimpung dalam dunia tersebut menyebutkan bahwa dalam memulai bisnis, dibutuhkan hati serta kesabaran yang ekstra. 

Dalam berbisnis, semakin lama dan semakin berkembang bisnis anda, maka akan semakin banyak kesulitan yang akan anda hadapi seperti turunnya omset penjualan, kehilangan kepercayaan dari dan ke rekan bisnis anda, serta masih banyak hal lainnya. 

Meskipun begitu, hal tersebut dapat membentuk serta membuat anda semakin berkembang kedepannya. Seperti kata pepatah, guru terbaik adalah pengalaman. 

Baca Juga : 5 Hal Yang Wajib Dihindari Pebisnis Pemula

Skill Yang Perlu Dikuasai Ketika Akan Membuka Bisnis Bagi Pebisnis Pemula 

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, berbisnis memang tidak mudah. Akan tetapi, anda tidak tahu akan jadi sesukses apa bisnis anda kedepannya. Langkah pertama yang anda butuhkan adalah memulai 

Ketika akan memulai bisnis, tentu akan ada banyak pertanyaan dalam benak anda. Mungkin salah satunya adalah skill atau kemampuan apa yang perlu anda miliki sebelum memulai bisnis. 

Baca Juga : 3 Platform Money Game Yang Pernah Viral Pada Masanya

1. Manajemen Bisnis


Dalam memulai bisnis, sebaiknya anda memahami konsep bisnis anda dengan baik. Konsep yang baik akan memudahkan anda dalam mengelola bisnis anda secara efisien dan efektif. Kemampuan dalam mengelola inilah yang disebut sebagai manajemen bisnis. 

Jika anda memahami manajemen bisnis dengan baik maka anda akan lebih mudah dalam melakukan beberapa hal seperti mengatur pembagian divisi pada bisnis anda beserta staff didalamnya, memberikan komando serta mengatur jalannya bisnis anda kedepannya. 

 2. Pengelolaan Keuangan (Akuntansi)


Skill yang anda perlukan dalam mengelola bisnis adalah skill atau kemampuan anda dalam mengelola keuangan. Skill ini mutlak wajib anda pahami dan pelajari agar anda dapat membuat, menjaga serta mengatur budgeting atau rencana keuangan bisnis anda. 

Pengelolaan keuangan merupakan salah satu skill yang cukup sulit untuk di pelajari serta di implementasikan karena perlu kedisiplinan yang tinggi dalam mempelajari sertai menjaga pengeluaran bisnis anda tetap dalam budget yang sudah ditentukan. 

Meskipun begitu, semakin baik anda dalam mengelola keuangan bisnis anda, maka akan semakin sehat dan berkembang bisnis anda. 

3. Riset dan Adaptasi 


Dalam berbisnis, tentu faktor utama yang membuat bisnis anda dapat bertahan dan berkembang adalah konsumen. Seperti yang diketahui, kondisi pasar sering kali mengalami perubahan yang cepat dan tidak terkendali. 

Oleh karena itu, diperlukan riset serta cepat beradaptasi dengan kondisi pasar pada saat itu. Terlebih lagi jika anda ingin berbisnis dalam bidang kuliner atau teknologi yang terus mengalami inovasi dan perubahan. 

Untuk mempermudah hal tersebut, anda dapat membuat satu divisi tersendiri untuk terus melakukan riset dan pengembangan terhadap produk bisnis anda. Namun anda perlu pengawasan ekstra pada divisi ini karena divisi riset dan pengembangan biasanya memakan banyak cost. Bahkan disebutkan bahwa raksasa teknologi seperti Apple pun mengeluarkan cost yang sangat banyak pada divisi ini. 

4. Negosiasi 


Sebagai pebisnis, negosiasi juga merupakan salah satu skill yang wajib anda kuasai. Dengan bernegosiasi, anda akan dapat menjaga cost produksi bisnis anda. Dengan kata lain, cost produksi yang rendah akan membuat bisnis anda bisa bersaing ketat dengan kompetitor di pasaran. 

Negosiasi selain digunakan untuk menjaga cost produksi bisnis anda berada pada titik terendah juga dapat dilakukan untuk menarik minat dan psikologi pasar. Contoh mudahnya, anda bernegosiasi dengan konsumen agar konsumen membeli produk anda dengan cara memberikan konsumen diskon atau beberapa bonus. Anda dapat menutup gap keuntungan tersebut dengan kuantitas.

Maksudnya, jika produk bisnis anda menghasilkan profit sebesar 100 juta, maka anda menurunkan profit tersebut menjadi 20 juta. Dengan begini, konsumen akan lebih tertarik karena mengira harga menjadi lebih murah sehingga volume penjualan naik hingga 5x. 

Kesimpulannya, anda tetap mendapatkan profit sebesar 100 juta pada bisnis anda. 

5. Networking 

Skill atau kemampuan yang paling penting adalah networking atau anda kenal sebagai membangun relasi. Skill yang tergolong sebagai hal dasar ini memegang peranan penting karena dengan membangun relasi yang baik dengan banyak orang, kesempatan anda dalam melakukan promosi produk anda bahkan hingga ke tempat terpencil pun semakin meningkat. 

Sadar atau tidak, orang semakin memiliki kecenderungan untuk kecanduan dengan sosial media. Membangun relasi dengan banyak orang akan membuat anda memiliki kemudahan untuk mempromosikan produk anda kepada follower yang dimiliki oleh relasi anda. 

Contoh mudahnya, hasil penjualan produk anda tanpa bantuan dari Anya Geraldine akan sangat jauh berbeda dengan ketika anda mendapat bantuan dari Anya Geraldine. Ini karena Anya Geraldine memiliki network yang luas karena memiliki banyak followers sehingga meningkatkan kesempatan dalam menjangkau orang orang yang berada di daerah yang terpencil atau terpelosok. 

Selain itu, akan sangat percuma jika anda sudah memiliki bisnis yang produknya bagus serta memiliki fundamental yang kuat namun tidak ada yang membeli produk anda karena produk anda kurang dikenal banyak orang. 


Berikut adalah 5 skill yang perlu anda kuasai ketika anda ingin membuka bisnis terlebih lagi jika anda adalah pebisnis pemula. Berbisnis memang memiliki tingkat kesulitan yang tinggi, namun jika anda tidak mencoba, anda tidak tahu akan sesukses apa bisnis anda kedepannya. Elon Musk tidak akan menjadi miliarder jika dia tidak memulai Tesla. 

Oleh karena itu, tetap semangat dan pantang menyerah adalah kuncinya

1 komentar untuk "5 Skill Yang Perlu Dikuasai Ketika Akan Membuka Bisnis Bagi Pebisnis Pemula"