Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Hal Yang Wajib Dihindari Pebisnis Pemula

Bisnis
5 Hal yang waji dihindari pebisnis pemula


5 Hal Yang Wajib Dihindari Pebisnis Pemula -
Di era milenial seperti sekarang ini, banyak anak muda yang tergugah untuk menjadi pebisnis atau bahasa gaulnya adalah entrepreuner. Pekerjaan pekerjaan yang dulu menjadi idaman kini kurang diminati oleh anak anak muda jaman sekarang

Pekerjaan seperti dokter, aparatur sipil negara, apoteker dan masih banyak lagi menjadi kurang diminati. Hal ini dikarenakan anak muda yang memiliki jiwa bebas lebih menginginkan pekerjaan yang tidak menuntut mereka untuk ada di dalam kantor selama 8 jam sehari

Baca Juga : 4 Bisnis Online Yang Menghasilkan Banyak Uang 2021

Mereka lebih memilih pekerjaan yang memiliki tingkat fleksibilitas yang tinggi seperti berbisnis, fotografi, desainer dan masih banyak lagi. 

Berbisnis tentu memiliki tantangan tersendiri sehingga diperlukan kematangan serta persiapan yang lebih dari cukup untuk memulai suatu bisnis. Persiapan yang dimaksud adalah dari segi kesiapan mental serta material. 

Kematangan mental dan kesiapan material merupakan hal dasar yang harus dikuasai oleh pebisnis muda. Meningkatnya pasar serta keinginan dan kemauan pasar beriringan dengan tekanan dan persaingan yang juga meningkat. Oleh karena itu, berbisnis tidak bisa dilakukan secara asal asalan

Baca Juga : 3 Platform Money Game Yang Pernah Viral

5 Hal Yang Wajib Dihindari Pebisnis Pemula 

Ada banyak bisnis yang kini sedang ramai dan viral yang banyak dilakukan oleh anak muda. Beberapa diantaranya adalah bisnis kedai kopi serta bisnis musiman lainnya. 

Kedai kedai kopi yang kini menjamur di kota kota besar maupun di kota kota kecil selalu memiliki pelanggannya masing masing. Beberapa kedai kopi yang terkenal adalah seperti Kopi Kenangan, Janji Jiwa, Kopi Lain Hati dan masih banyak lainnya. Kedai kedai kopi ini menyajikan beberapa menu andalan mereka. 

Baca Juga : 5 Skill Yang Perlu Dikuasai Ketika Akan Membuka Bsnis Bagi Pemula

Selain kedai kopi, bisnis musiman lainnya yang pernah viral adalah Jual Beli Murai, Ikan Cupang, Batu Akik, Toko sepeda dan lain lain. Walau bisnis musiman ini adalah bisnis yang ramai di periode waktu tertentu saja, Akan tetapi, cukup mendatangkan banyak profit bagi pegiat bisnis ini. 

Profit yang menggiurkan serta pengalaman hidup yang menarik membuat milenial semakin tergugah untuk mengolah dan mengembangkan bisnis mereka sendiri dengan berbagai macam jenis bisnis yang mereka inginkan. 

Namun, seperti yang sudah disebutkan. berbisnis tidak bisa dilakukan secara asal asalan. Apalagi hanya karena tergugah oleh profit yang dihasilkan. Ada beberapa hal yang wajib dihindari oleh pebisnis pemula agar bisnisnya tetap dapat selamat dan berkembang dari waktu ke waktu. 

Apa sajakah hal yang wajib dihindari oleh pebisnis pemula ? 

1. Cepat Puas 

Jangan Cepat Puas Bagi Pebisnis Pemula
Cepat Puas


Sebagai seorang pebisnis muda yang biasanya memiliki idealis yang tinggi, pembukaan awal bisnis atau disebut Grand Opening biasanya akan dilakukan dengan sebaik dan seperfect mungkin. Hal ini akan menarik banyak konsumen di awal awal periode bisnis dibuka. 

Setelah itu, penjualan akan mengalami penurunan, stagnan atau bahkan meroket hingga menyebabkan pebisnis merasa cepat puas akan bisnisnya. Hal ini menyebabkan mereka lupa bahwa mereka memiliki kompetitor dibidang yang sama. Tentu hal ini akan memicu kompetitor untuk melakukan riset lebih mendalam tentang keadaan psikologi pasar. 

Jangan sampai anda sebagai pebisnis pemula gagal dalam mengantisipasi, memahim dan mengatur diri dalam menghadapi perubahan psikologi pasar 

2. Kurang Inovasi 

Perbanyak Inovasi bagi pebisnis pemula
Kurang Inovasi

Kurang inovasi merupakan salah satu hal dasar yang sangat wajib dihindari oleh pebisnis pemula ketika akan membuka suatu bisnis. 

Seperti yang sudah dijelaskan point 1, kondisi psikologis pasar selalu berubah sejalan dengan perubahan jaman. Maka dari itu, Inovasi sangat diperlukan. Jangan sampai terlena dengan rasa puas yang menghampiri dikarenakan kondisi bisnis anda yang saat ini tengah berada di puncak 

Rasa puas ini akan membuat anda tidak mengantisipasi perubahan keinginan pasar yangsering secara tidak disadari mengalami perubahan sedikit demi sedikit. 

Sebagai contoh, dulu bakso hanya memiliki 1 jenis. Kini bakso memiliki banyak jenis seperti bakso iga, bakso tulang, bakso telor, bakso beranak dan masih banyak bakso bakso lainnya. 

3. Memilih Mitra Yang Buruk 

Pilih Mitra atau Partner yang sesuai
Mitra Yang Buruk

Mitra merupakan salah satu hal vital dalam melakukan bisnis. Mitra disini bisa merujuk pada investor, pengembang ataupun staff. 

Dalam memilih mitra, pastikan bahwa mitra memiliki kinerja yang baik serta track record yang tidak diragukan lagi. Apabila anda sebagai pebisnis muda memiliki mitra yang tepat, bukan tidak mungkin bisnis anda akan berkembang dengan baik. 

Sebaliknya, dengan mitra yang buruk. Kinerja bisnis anda akan stagnan atau malah mengalami penurunan dan akhirnya bangkrut. 

Ada banyak sekali kasus bisnis yang masalah utamanya adalah mitra. Seperti kasus "Matahari" yang dulu pernah terjadi ketika masa masa orba. 

4. Panik 

Jangan Panik
Panik

Setelah mengalami banyak naik turun dalam bisnis. Kini bisnis anda tengah mengalami tahun tahun kejayaan. Omset yang naik secara pesat, banyak orang yang ingin berinvestasi pada bisnis anda atau membuat franchise bisnis anda. 

Hal tersebut secara tidak sadar kemudian membuat anda sebagai pebisnis pemula merasa bahwa tahun itu merupakan tahun kejayaan anda. Jangan sampai lengah dalam mengantisipasi pergerakan kompetitor. 

Jika anda lengah, kompetitor akan secara tidak sadar mengambil banyak konsumen anda. Dengan begini, pebisnis pemula dianjurkan untuk tidak panik dalam mengantisipasi pergerakan kompetitor. 

Analisa apa yang membuat kompetitor mendapatkan konsumen anda. Lalu bangun rencana untuk kembali mendapatkan konsumen anda. 

Hal ini bisa anda lakukan dengan mudah. Mengapa ? Karena sekarang anda dapat memantau atau melakukan riset pada banyak konsumen anda melalui sosial media. Anda akan mendapatkan informasi tentang psikologi pasar melalui sosial media dengan cepat dan tepat. 

5. Menolak Perubahan Pasar 

Beradaptasi
Menolak Perubahan Pasar

Hal yang terakhir yang wajib dihindari pebisnis pemula adalah menolak perubahan pasar yang sering tidak sadar pebisnis pemula lakukan. Mudahnya, anda terlalu membanggakan produk unggulan anda. 

Pasalnya, walaupun anda memiliki produk unggulan anda yang sudah ada sejak bertahun tahun lalu. Pasar tetap menginginkan suatu perubahan yang signifikan. Pasar sudah mulai bosan dengan produk unggulan anda yang isinya gitu gitu aja. Pasar menginginkan sesuatu yang fresh yang belum pernah mereka coba

Contoh konkritnya bisa kita lihat pada teknologi. Hampir setiap tahun banyak vendor teknologi terutama ponsel pintar yang meluncurkan produk produk andalan mereka. Ini bertujuan untuk tetap menjaga konsumen lama mereka serta menarik minat konsumen baru. 

Perubahan pasar adalah hal mutlak yang tidak bisa anda hindari. Apabila anda ingin bisnis anda tetap bertahan dari banyaknya kompetitor yang terus muncul serta dengan ide serta inovasi mereka, maka satu satunya pilihan anda adalah mengikuti perubahan pasar serta menggebrak dengan memberikan produk terbaik dengan harga yang bersaing. 


Berikut adalah 5 hal yang wajib dihindari oleh pebisnis pemula. Dengan menghindari 5 hal tersebut, maka anda sudah menghilangkan beberapa faktor yang dapat membuat anda bangkrut. Sisanya adalah sebagaimana bisa anda membaut produk bisnis yang baik serta dapat menarik minat pelanggan. 

Akan tetapi, satu yang pasti adalah memulai ! Bill Gates tidak akan menjadi miliarder apabila tidak memulai mengembangkan microsoft, Elon Musk tidak akan menjadi inovator terbaik jika tidak memulai membuat Tesla. Begitupun anda, akan jadi apa anda kedepannya dimulai dari memulai. !

Posting Komentar untuk "5 Hal Yang Wajib Dihindari Pebisnis Pemula "