Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Jitu Ngerjain Penipu. Pasti Kapok !

Tips Jitu Ngerjain Penipu. Pasti Kapok !

Wikimil.id - Penipuan online kini semakin marak terjadi dengan modus yang beragam. Beberapa modus penipuan antara lain adalah dengan mengiming imingi hadiah, menang undian dari beberapa online shop besar, hingga pinjaman online dengan bunga yang rendah. 

Modus seperti ini biasanya menargetkan anak anak atau orang tua yang kurang waspada atau kurang mengerti tentang transaksi online. 

Sudah menjadi rahasia umum jika jaman sekarang segala sesuatu dilakukan dengan cara online. Mulai dari bekerja, mengobrol hingga berbelanja. Melakukan segala hal dengan online memang sangat praktis dan mudah dilakukan. 

Dengan online, anda tidak perlu membuang banyak waktu serta tenaga dalam melakukan berbagai aktifitas. Contohnya, anda tidak perlu lagi mendatangi mall untuk berbelanja. Anda hanya perlu membuka aplikasi online shop. 

Anda hanya perlu koneksi internet dan gadget. Bahkan anda dapat melakukan hal tersebut sambil rebahan. Sangat praktis bukan ? 

Namun, anda juga perlu waspada. Dengan kemudahan yang ditawarkan, banyak tindak kriminal yang mungkin bisa terjadi pada diri anda seperti teretasnya akun anda atau banyaknya pesan scam yang masuk ke nomor atau ponsel anda. 

Apabila anda mendapati hal seperti ini, anda tidak perlu khawatir. Lakukan tips jitu ini agar pelaku tindak kriminal menjadi kapok dalam melakukan penipuan. Bagaimana tipsnya ? 

Tips Jitu Ngerjain Penipu. Auto Kapok !

Tips ini akan berhasil jika si penipu meminta email serta password suatu akun. Biasanya modus penipuannya adalah anda memenangkan kejutan dari suatu online shop dan penipu memerlukan email dan password akun anda. 

Tips ini termasuk tips yang agak ekstrim karena akan mengorbankan data si penipu. Jika anda masih memliki belas kasihan, sebaiknya anda tidak melakukan hal ini. Namun jika anda ingin membuat jera atau kapok si penipu. Maka, tips jitu ini solusinya. 

1. Pastikan Memiliki Akun Email Yang Aktif 

Pertama, anda perlu memiliki akun email aktif . Akun email aktif ini nantinya akan anda serahkan kepada si penipu. Pastikan akun ini tidak memiliki data penting didalamnya. 

Jika anda belum memiliki akun email. Maka anda dapat membuat akun tersebut terlebih dahulu. 

2. Download Aplikasi "Find My Device" di Playstore / Appstore

Install Google Find My Device


Cara selanjutnya adalah anda dapat mendownload aplikasi "Find My Device" di dalam playstore atau appstore. Aplikasi ini adalah kuncinya ketika anda akan ngerjain si penipu. 

3. Tunggu Hingga Si Penipu Memasukkan Email Yang Anda Beri Pada Point 1

Masukkan Email
Masukkan Email

Masukkan Password
Masukkan Password

Setelah anda berhasil mendownload aplikasi tersebut. Langkah selanjutnya adalah anda dapat login ke aplikasi tersebut dengan menggunakan email pada point kesatu. 

Penipu Sudah Login
Kiri : Ponsel Anda | Kanan : Ponsel Penipu

Setelah berhasil login, maka anda dapat fokus ke bagian dibawah tulisan "Find My Device". Jika si penipu sudah login kedalam email tersebut. Maka gambar ponsel dari si pelaku akan muncul disamping gambar ponsel milik anda. 

4. Pilih Secure Device 

Pilih Secure Device
Pilih Secure Device


Dibawah tipe ponsel si penipu, ada 3 Pilihan yang dapat anda pilih yaitu Play Sound, Secure Device dan Erase Device. Ketiga pilihan ini memiliki fungsinya masing masing, 

  • Play Sound berfungsi untuk membunyikan ponsel
  • Secure Device berfungsi untuk memberikan pesan kehilangan ponsel dan kontak yang bisa di hubungi
  • Erase Device berfungsi untuk menghapus seluruh data dan melakukan factory reset kepada ponsel 

Pertama, anda pilih secure device terlebih dahulu. Ini berfungsi untuk mengunci ponsel si penipu setelah ponselnya kembali menyala. Hal tersebut akan memberikan tambahan Shock Teraphy kepada si penipu. 

Masukkan Pesan Untuk si Penipu

Anda dapat memasukkan pesan kepada si penipu. Pastikan anda memasukkan pesan yang dapat membuat jengkel si penipu. Anda juga dapat mengosongkan atau memberikan kontak palsu kepada si penipu. 

5. Pilih Erase Device 

Pilih Erase Device
Pilih Erase Device

Setelah berhasil pada tips ke 4, maka langkah terakhir adalah anda memilih opsi Erase Device. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, opsi ini akan menghapus keseluruhan data dari ponsel si penipu dan memaksa ponsel melakukan factory reset. 

Alhasil, ketika si penipu menyalakan kembali ponsel miliknya. Maka akan muncul pesan yang sudah anda tuliskan di opsi ke empat. 

Biasanya proses dalam melakukan factory reset membutuhkan waktu yang cukup lama. Anda bisa memanfaatkan momen ini untuk mengganti password email pada poin 1. Dengan mengganti password email, maka si penipu tidak akan bisa login menggunakan email tersebut. 

Hal ini bertujuan agar ponsel si penipu tidak bisa melakukan booting yang berakibat pada tidak bisa digunakannya ponsel penipu. Tentu saja hal ini akan membuat si penipu kapok dan jengkel karena kehilangan data serta ponselnya tidak bisa digunakan dikemudian hari. 


Berikut adalah tips jitu ngerjain penipu agar penipu menjadi kapok. Tips ini cukup berbahaya dan rawan disalah gunakan. Oleh karena itu, bijaklah dalam menggunakan fitur tersebut agar tidak memberikan kerugian kepada orang yang tidak bersalah. 

Posting Komentar untuk "Tips Jitu Ngerjain Penipu. Pasti Kapok !"