Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Interview : Etika Ketika Membuka Pintu dan Duduk

Tips Interview : Etika Ketika Membuka Pintu dan Duduk
Tips Interview : Etika Ketika Membuka Pintu dan Duduk

Wikimil.idInterview adalah salah satu kegiatan yang dapat dimanfaatkan oleh HR dalam mengenali calon kandidat karyawan maupun sebaliknya. Oleh karena itu, Interview merupakan salah satu proses penting dalam proses perekrutan karyawan

Interview dibagi dalam beberapa proses tergantung masing masing perusahaan. Beberapa diantaranya adalah Interview dengan pihak Human Resources, user serta dengan management secara langsung.

Interview dengan Human Resources biasanya terkait dengan personality, kemampuan pribadi secara umum seperti kemampuan dalam memecahkan suatu masalah, negosiasi, perhitungan ataupun kemampuan dalam menghadapi berbagai situasi

Baca Juga : Perbedaan Redmi Airdots KW dan Original

Interview dengan user berkaitan dengan kemampuan secara akademis ataupun teknis dari kandidat itu sendiri. Maka dari itu, anda sangat disarankan untuk kembali mengingat materi yang berkaitan dengan divisi yang anda lamar.

Interview dengan management biasanya berisikan tentang seberapa jauh anda mengenal perusahaan yang anda lamar dan bagaimana visi misi anda dapat membantu perusahaan dalam berkembang serta biasanya memberikan beberapa contoh kasus yang ada.

Pemberian contoh kasus ini biasanya berguna untuk mengetahui seberapa jauh potensi yang anda punya serta kecocokan anda dengan budaya perusahaan itu sendiri.

Baca Juga : Siap Melamar kerja ? ini 7 Hal yang ga boleh ada di medsos kamu

Tips Interview : Etika Ketika Membuka Pintu dan Duduk

Proses interview memberikan peranan penting karena akan membentuk kesan terhadap diri anda. Kesan pertama merupakan kuncinya.

Kesan pertama yang baik akan memberikan anda kesempatan lebih untuk mengikuti proses rekrutmen selanjutnya. Maka dari itu anda perlu memberikan kesan yang positif ketika melakukan proses interview.

Kesan pertama mulai terbentuk ketika anda memasuki ruangan interview. Para rekruter akan melihat bagaimana etika anda ketika anda membuka serta menutup pintu.

Oleh karena itu, anda dapat mengikuti tips dari wikimil.id berikut ini agar anda dapat memberikan kesan pertama yang positif kepada para rekruter.

Baca Juga : Tips membuat CV agar diterima kerja

Etika Ketika Membuka dan Menutup pintu.

Membuka dan menutup pintu ternyata memiliki etikanya tersendiri. Berikut adalah tips agar anda terlihat lebih professional ketika melakukan proses interview.

Etika membuka pintu

Ketika anda akan membuka pintu, bukalah dengan tangan kanan. Ini menunjukkan bahwa anda adalah orang yang memiliki attitude baik, sopan serta santun. Hal ini tentu memberikan pertimbangan tersendiri bagi rekruter.

Baca Juga : Perkembangan Fintech di Indonesia

Etika masuk kedalam ruangan

Sikap ini menunjukkan bahwa anda antusias dengan proses interview dan anda percaya dengan diri anda sendiri. Jangan sekali kali tubuh dan wajah anda menghadap pintu ketika akan masuk ke dalam ruangan interview.

Sikap tersebut menandakan bahwa anda tidak percaya diri. Bagaimana rekruter akan mempercayai anda dalam bekerja jika anda sendiri tidak percaya diri ?

Etika menutup pintu

Tutup pintu ruangan dengan menggunakan tangan kiri anda dengan posisi tubuh dan wajah tetap menghadap ke depan. Tunjukan senyum terbaik yang anda miliki. Ini akan memberikan aura positif terhadap diri anda serta membuat suasana didalam ruangan menjadi lebih baik

Baca Juga : 4 Pertanyaan Interview Paling Susah 2021

Etika duduk

Setelah anda memasuki ruangan, anda tentu akan langsung menuju tempat duduk yang telah dipersilakan oleh rekruter. Sebelum duduk, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan, yaitu :

Duduk secara perlahan

Ketika anda akan duduk, anda tidak perlu terburu buru, pastikan anda duduk secara perlahan. Ini akan menunjukkan bahwa anda tidak grogi dan rileks ketika menghadap interview.

Pastikan anda tidak terjengkang kebelakang ketika akan duduk

Jangan bersandar

Pastikan tubuh anda tidak bersandar pada kursi. Bersandar pada kursi memberikan kesan bahwa anda adalah orang yang pemalas.

Selanjutnya, posisikan tubuh anda dalam keadaan tegap dan tidak membungkuk. Posisi tubuh yang tegap membuat postur tubuh menjadi lebih baik serta membuat rekruter lebih mudah percaya kepada anda.

Duduk dengan posisi formal

Ketika melakukan proses interview, posisikan duduk anda agar dalam keadaan rapat dan tidak mengangkang. Tentu hal ini tidak etis dilakukan sehingga dapat memberikan penilaian negative terhadap anda.

Berikut adalah 3 posisi duduk formal yang dapat anda pilih.

  • Kaki rapat kedepan
  • Kaki rapat kesamping
  • Kaki rapat kesamping menyilang

Agar memberikan kesan yang lebih baik lagi, anda dapat menumpangkan telapak tangan anda di atas paha.

Berikut adalah Tips Interview : Etika Membuka Pintu dan Duduk dari Wikimil.id. aritkel ini diolah dari berbagai narasumber serta artikel. Semoga artikel ini dapat membantu serta memberikan pengetahuan tambahan bagi anda. Stay Tune di Wikimil.id untuk tips professional lainnya.

 

Posting Komentar untuk "Tips Interview : Etika Ketika Membuka Pintu dan Duduk"