Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Perintah CMD Untuk Perawatan Laptop atau Komputer

4 Perintah CMD Untuk Perawatan Laptop atau Komputer


4 Perintah CMD Untuk Perawatan Laptop atau Komputer - CMD adalah singkatan dari Command Prompt. Istilah ini dapat anda definisikan sebagai suatu perintah DOS yang disampaikan dalam bentuk text. Dengan CMD, anda dapat mengakses komputer, misal Windows Explorer. 

Namun, ada beberapa pihak yang tidak bertanggung jawab yang dapat menggunakan CMD untuk melakukan perbuatan jail / iseng atau bahkan kriminal. 

Kode CMD dapat anda gunakan untuk berbagai macam keperluan. Bahkan, anda dapat melakukan perawatan pada komputer atau laptop anda dengan menggunakan beberapa perintah berikut ini. 

Baca Juga : 3 Smartphone Xiaomi Terbaik Yang Pernah Gaib pada Masanya

4 Perintah CMD Untuk Perawatan Laptop atau Komputer

Bagi anda yang awam dengan komputer, anda tentu kurang mengetahui fungsi spesifik dari CMD. Fungsi spesifik ini sangatlah berguna terlebih lagi anda dapat melakukan perawatan laptop atau komputer dengan menggunakan 4 perintah spesifik ini. 

Cleanmgr

Cleanmgr merupakan salah satu perintah CMD yang dapat anda gunakan untuk melakukan perawatan laptop atau komputer. Perintah ini bertujuan untuk membersihkan file. 

Biasanya file yang dibersihkan merupakan file file sampah atau file yang tidak berguna di laptop atau komputer anda. 

Dengan membersihkan komputer atau laptop yang anda miliki, anda sudah meringankan kinerja laptop atau komputer anda. Semakin ringan kinerja laptop atau komputer anda, maka akan semakin baik pula kinerjanya. 

Oleh karena itu, anda sangat disarankan untuk melakukan perintah ini minimal sebulan sekali tergantung dari waktu pemakaian. Semakin sering menggunakan laptop atau komputer anda maka semakin disarankan pula melakukan perintah ini di CMD.

Baca Juga : Cara Merangkum Dengan Cepat dan Mudah 2021

defrag C

Defrag C merupakan perintah lain yang berfungsi untuk melakukan perawatan pada laptop atau komputer yang anda miliki. 

Defrag C sendiri berfungsi untuk menata atau merapikan file file yang ada di drive C. Biasanya file yang ada di drive C merupakan file file yang penting karena sebagai "dasar / fundamental" pada suatu software. 

Apabila terdapat file yang menghilang atau kurang, maka dapat dipastikan akan terjadi beberapa error pada software software tertentu. Bahkan, akan menurunkan performa laptop atau komputer anda.

Selain itu, melakukan defrag C juga akan mempermudah windows dalam membaca seluruh program aplikasi yang ada pada laptop atau komputer anda. 

Baca Juga : Cara Mudah Menyambungkan Screen Laptop ke HP

sfc / scannow 

Perintah ini memiliki fungsi untuk mencatat file yang error atau memperbaiki file error yang ada di laptop atau komputer anda. 

File file error tersebut nanti akan tercatat dalam format CBS Log. 

chkdsk 

Sesuai dengan nama perintah, chksdsk bertujuan untuk melakukan pengecekan pada hard disk ataupun disk yang lain yang ada di komputer atau laptop anda. Selain itu, chkdsk juga berfungsi untuk menampilkan status hard disk tersebut. 

Baca Juga : Sandcastle Project, Project Mengubah iOs menjadi Android

Itu dia artikel 4 Perintah CMD untuk perawatan laptop atau komputer yang anda punya. Semoga bermanfaat  

Posting Komentar untuk "4 Perintah CMD Untuk Perawatan Laptop atau Komputer"