Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Pertanyaan Interview Paling Susah 2021

4 Pertanyaan Interview Paling Susah 2021


4 Pertanyaan Interview Paling Susah 2021 - Melakukan interview merupakan hal yang cukup sulit bagi beberapa orang. Anda akan diberikan beberapa pertanyaan membingungkan dan cukup sulit untuk anda jawab baik karena bersifat personal, takut menyinggung atau tidak sopan. Berikut adalah 4 pertanyaan interview paling susah yang biasa ditanyakan oleh HRD perusahaan. 

Pertanyaan berikut dinilai susah untuk dijawab karena terkadang beberapa kandidat takut memberikan jawaban yang dinilai kurang potensial atau tidak sesuai dengan budaya perusahaan. Hal ini membuat kandidat merasa kesempatan untuk dapat bergabung dengan perusahaan menjadi lebih kecil. 

Baca Juga : Tips dan Etika Interview

Padahal, beberapa HRD memberikan pertanyaan interview paling susah ini hanyalah untuk mengukur kemampuan ataupun memahami dimana daerah, divisi atau tempat terbaik yang dapat memotivasi kandidat. 

Pertanyaan interview yang dianggap paling susah ini sebenarnya bertujuan untuk membentuk motivasi kandidat agar dapat memberikan kontribusi terbaik kepada perusahaan. Hal ini nantinya akan memberikan keuntungan pada kedua belah pihak.

4 Pertanyaan Interview Paling Susah 2021

Dari pihak perusahaan, tentu saja akan mencetak aset terbaik yang berpotensi untuk membuat laba perusahaan lebih tinggi lagi. Sedangkan dari pihak kandidat, hal tersebut dapat membuat kandidat mendapatkan promosi dengan lebih cepat dan efisien. 

Berikut adalah 4 Pertanyaan interview paling susah yang sudah dirangkum dari berbagai sumber serta praktisi HR. Namun, anda tidak perlu bingung karena akan ada cara bagaimana menjawab pertanyaan pertanyaan sulit tersebut. 

Baca Juga : Hal Yang Ga Boleh ada di Sosmed Kamu Sebelum Melamar Kerja

Lingkungan Kerja Seperti Apa Yang Anda Sukai ? 

Pertanyaan interview tersulit yang pertama adalah tentang lingkungan kerja yang anda sukai. Pertanyaan ini merupakan pertanyaan yang penting untuk anda jawab,

Pertanyaan ini bertujuan untuk mengetahui lingkungan seperti apa yang dapat memotivasi anda agar dapat memberikan performa terbaik yang anda miliki. 

Anda dapat menjawab pertanyaan ini dengan suasana atau kondisi tempat kerja anda. Misal, "Saya menyukai lingkungan yang adil, teratur serta tenang agar saya dapat bekerja secara maksimal"

Anda juga dapat menjawab pertanyaan ini dengan ruang / tempat kerja yang anda sukai. Misal, "Saya lebih memilih untuk bekerja di lapangan atau proyek. Karena saya sudah mempunyai pengalaman selama 2 tahun bekerja di lapangan." 

Baca Juga : Tips Membuat CV Agar Diterima Kerja

Bagaimana Cara Anda Menghadapi Masalah ?

Pertanyaan interview paling susah kedua berkaitan dengan bagaimana anda dapat menyelesaikan masalah. 

Setiap perusahaan pasti memiliki masalahnya masing masing. Oleh karena itu, anda di rekrut perusahaan tentu dengan harapan anda dapat menyelesaikan permasalahan perusahaan. 

Selain itu, HRD juga ingin mengetahui seberapa jauh potensi anda, kreatifitas serta kemampuan dalam menyelesaikan masalah yang anda miliki. Apabila anda dapat menyelesaikan permasalahan perusahaan dengan cepat dan efisien, besar kemungkinan anda untuk mendapatkan promosi dengan cepat juga. 

Anda dapat menjawab pertanyaan ini dengan memberikan kasus / contoh masalah yang pernah anda selesaikan. Misal, "Saya pernah menemui masalah yang berkaitan dengan time management. Pada saat itu, ada banyak produk / subjek yang harus mendapatkan hasil secepat mungkin. Oleh karena itu, saya menyelesaikan nya dengan multitasking agar dapat mengefisiensikan waktu"

Selain itu, anda juga dapat menjawab secara teoritis dengan memberikan step by step. Misal, "Pertama, saya akan memahami masalah yang ada. Kemudian, saya akan mencari tahu penyebab dari masalah tersebut. Setelahnya, saya berdiskusi dengan pihak terkait untuk mencari solusi serta meng eksekusi solusi tersebut. Terakhir, saya pahami penyebabnya agar tidak terulang dikemudian hari"

Apa Rencana Anda 4-5 Tahun Ke Depan ? 

Pertanyaan ini bertujuan untuk mengetahui visi serta misi kamu ke depannya. Apakah visi misi ini akan sejalan dengan perusahaan atau malah bertentangan. 

Anda perlu menjawab pertanyaan ini dengan hati hati karena bisa menjadi boomerang untuk anda apabila anda menjawab secara asal asalan. 

Anda dapat menjawab pertanyaan ini dengan mengaitkan dengan pekerjaan yang akan anda lakukan di perusahaan tersebut. Misal, "Apabila saya diterima bekerja di perusahaan ini sebagai Quality Control, saya akan melakukan pengecekan dengan lebih baik sehingga dapat mengurangi kemungkinan cacat produk sehingga meminimalisir tambahan ongkos produksi."

Anda juga dapat menjawab dengan tujuan atau cita cita anda pribadi yang berkaitan dengan perusahaan. Misal, "Apabila saya diterima bekerja di perusahaan ini. Saya ingin menjadi manager atau kepala divisi dari Quality Control. Dengan begitu, saya mampu memaksimalkan profit perusahaan dengan memaksimalkan kualitas produk baik dari segi cost, build quality ataupun customer satisfaction"

Atau, anda juga dapat menjawab pertanyaan ini dengan tujuan pribadi anda yang tidak berkaitan dengan perusahaan. Misal, "5 tahun kedepan saya memiliki tujuan untuk memiliki usaha atau produk sendiri. Saya ingin memberikan kesempatan kepada orang lain untuk memaksimalkan kemampuan mereka sama seperti ibu / bapak yang akan memberikan saya kesempatan untuk menunjukkan kebolehan dan potensi terbaik yang saya miliki untuk tujuan terbaik perusahaan ini."

Kenapa Anda Resign ? Apakah Pekerjaan atau Perusahaan Sebelumnya Memiliki Kesalahan ?

Pertanyaan interview berikut adalah pertanyaan yang cukup menjebak. Anda harus sangat berhati hati dalam menjawab pertanyaan berjenis seperti ini. 

HRD ingin melihat apakah demi perusahaan baru anda rela untuk menjatuhkan perusahaan sebelumnya. Ini menyangkut loyalitas anda sebagai orang yang pernah dan sedang bekerja di perusahaan sebelumnya. 

Secara logika, apabila jawaban anda terkesan menjatuhkan perusahaan sebelumnya. Bukan hal yang tidak mungkin apabila kedepannya anda akan melakukan hal yang sama pada perusahaan mereka. Begitu bukan ?

Pertanyaan interview tersulit ini dapat anda jawab dengan jawaban yang diplomatis. Misal, "Saya resign karena saya sudah tidak melihat adanya tantangan atau challenge."

Anda juga dapat menjawab pertanyaan ini dengan jawaban yang jujur. Misal, "Saya resign karena masa kontrak saya akan habis dalam beberapa waktu kedepan. Selain itu, saya ingin bekerja di perusahaan yang memberikan status yang jelas seperti karyawan tetap."


Berikut adalah artikel tentang 4 Pertanyaan interview paling susah 2021. Semoga bermanfaat 

1 komentar untuk "4 Pertanyaan Interview Paling Susah 2021"